Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
BeritaHot

Media Asing Soroti Joe Biden dan Jokowi, Bicara soal Gaza (2023)

Kabarangin.com – Media asing soroti Presiden Jokowi ke AS untuk bertemu Joe Biden Bicara soal Gaza dan memperdalam kerja sama di bidang mineral.

Media Asing menyoroti pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, yang berlangsung pada Senin waktu setempat.

Pemberitaan dari Reuters berjudul “Indonesian President Widodo urges Biden to ‘do more’ to stop Gaza ‘atrocities'” membahas bagaimana pertemuan ini menjadi landasan pertemuan antara Biden dan Xi Jinping dari China.

Baca Juga: Hasil Pertemuan Jokowi dan Biden di Gedung Putih: Enam Poin Kesepakatan

Presiden Jokowi Bertemu Joe Biden

Kabarnya Media Asing Sorot Presiden Jokowi Bertemu Joe Biden, Bicara soal Gaza
Kabarnya Media Asing Sorot Presiden Jokowi Bertemu Biden, Bicara soal Gaza

Biden menyambut Jokowi di Gedung Putih

Dalam pertemuan tersebut, Biden menyambut Jokowi di Gedung Putih, di mana keduanya bersiap untuk pertemuan puncak Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco, dengan harapan untuk mengurangi perselisihan dengan Beijing.

Pemberitaan juga menyoroti rencana kerjasama baru di bidang pertahanan antara kedua negara, termasuk keamanan siber, luar angkasa, latihan gabungan, dan ancaman nuklir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tiba di Washington DC, Bertemu Joe Biden di Gedung Putih

Seorang pejabat senior menyebut bahwa kedua negara akan mengumumkan langkah-langkah terkini terkait iklim, seperti bursa karbon, jaringan listrik, dan peningkatan kualitas udara.

Media menekankan bahwa Indonesia, seperti beberapa negara tetangga di Asia Tenggara, menjalin hubungan ekonomi yang erat dengan China tetapi berusaha untuk menjauh dari ketegangan dalam hubungan AS-China.

Bicara soal Gaza

Pemberitaan juga mencatat bahwa Jakarta diharapkan meningkatkan hubungan diplomatik dengan Washington pada pertemuan tersebut, dan Biden akan mengumumkan pendanaan baru untuk industri semikonduktor Indonesia.

Selain itu, damai di Gaza juga menjadi fokus, dengan Jokowi mengimbau AS untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menghentikan kekejaman di wilayah tersebut, sementara Biden diduga meminta dukungan lebih besar dari Indonesia, terutama dalam konteks Timur Tengah.

Pemberitaan dari AFP dengan judul “Indonesian president urges Biden to help end Gaza ‘atrocities'” mencatat bahwa Jokowi membawa pesan khusus dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengenai situasi di Gaza.

Baca Juga: Kabarnya Jokowi Desak Biden Bantu Setop Serangan Israel ke Gaza

Meskipun Biden tetap fokus pada rencana untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia ke tingkat tertinggi, yang disebut sebagai kemitraan strategis komprehensif. Washington tampaknya ingin memperkuat aliansi di kawasan Asia-Pasifik mengingat semakin kuatnya kehadiran Tiongkok.

Sumber: cnbcindonesia

Back to top button