Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
BeritaHot

Apa Beda Aturan SNBP 2024 dengan Sebelumnya?

Apa Beda Aturan SNBP 2024 dengan Sebelumnya?

Kabarangin.com – Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP) telah mengimplementasikan beberapa perubahan dalam aturan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024. Dalam konteks ini, apa saja perbedaan aturan yang diterapkan pada SNBP 2024 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya?

Dalam pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, banyak mahasiswa yang telah diterima melalui salah satu jalur terkadang mendaftar kembali melalui jalur lainnya. Praktik ini mengakibatkan terjadinya kekosongan kursi yang dapat menimbulkan dampak merugikan bagi semua pihak.

Apa beda aturan SNBP 2024?

Apa Beda Aturan SNBP 2024 dengan Sebelumnya?
Apa Beda Aturan SNBP 2024 dengan Sebelumnya?

Berikut ini ketentuan dan perbedaan aturan SNBP 2024 dengan tahun-tahun sebelumnya seperti yang dikutip dari Konferensi Pers SNPMB PTN Tahun 2024 via YouTube.

  • Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.
  • Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana pun.
  • Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN mana pun.
  • Setiap siswa yang eligible diizinkan untuk memilih program studi di PTN.
  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.
  • Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Perubahan aturan SNBT 2024

Selain perubahan aturan SNBP, Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT 2024 juga mengalami perubahan aturan.

Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, format penilaian dalam SNBT 2024 juga memiliki perubahan.

Apabila sebelumnya soal dalam SNBT hanya berupa pilihan ganda tetapi pada tahun 2024 soal dalam SNBT juga berupa isian singkat.

Namun, materi tes untuk SNBT 2024 tetap sama yaitu tentang Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematika, dan literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Informasi SNPMB 2024

Setelah mengetahui perubahan aturan SNBP dan SNBT, peserta juga harus mengetahui informasi seputar SNPMB. Informasi resmi mengenai SNPMB 2024 dapat dilihat pada laman berikut ini.

Demikian penjelasan apa beda aturan SNBP 2024 dan tahun sebelumnya. Semoga membantu.

Sumber: cnnindonesia.com

Back to top button