Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
Berita

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju 350 Kpj, Kapan Mulai Beroperasi?

Kabarangin.com, – Uji coba Kereta cepat Jakarta Bandung kembali memecahkan rekor kecepatan tinggi. Dalam uji coba pada Kamis (22/6/2023), kereta cepat Jakarta-Bandung melaju dengan kecepatan 350 per km/jam.

Waktu tempuh dari Stasiun Jakarta Halim ke Padalarang hanya 32 menit. Sedangkan dari Stasiun Bandung Tegalluar ke Stasiun Halim hanya membutuhkan waktu 44 menit. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tes uji dengan kecepatan 350 km/jam berjalan sesuai harapan.

“Tes uji kali ini aman, lancar dan terkendali. Tercapainya kecepatan maksimal operasi ini menunjukkan persiapan operasional KCJB sudah di jalur yang tepat,” ujarnya mengutip keterangan resmi yang diperoleh Kompas.com, Kamis (22 Juni 2023). Kecepatan tersebut merupakan kecepatan maksimal kereta cepat Jakarta- Bandung yang bakal menempuh jarak 142,3 kilometer.

Pada Artikel Kabarangin.com akan membahas informasi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju 350 Kpj. Yuk simak dibawah ini yaa:

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju 350 Kpj, Kapan Mulai Beroperasi

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung? Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan rencana aksi jadwal untuk moda transportasi tersebut. Dia akan targetkan, kereta cepat Jakarta-Bandung sudah siap beroperasi bulan depan.

“Kita harapkan akhir Juli sudah siap dan Agustus sudah bisa digunakan,” kata Budi. Dalam dua pekan ke depan, pihaknya akan menyiapkan izin operasional kereta api cepat tersebut. Menurut situs Kementerian Perhubungan (Kemenhub), izin operasi harus dikeluarkan paling lambat 1 Oktober 2023.

“Bahkan 18 Agustus bisa lebih cepat,” imbuhnya. Di sisi lain, Kementerian Perhubungan juga sedang menyiapkan beberapa regulasi untuk kereta cepat seperti tarif, dll. “Kami sedang melakukan pemesanan baru untuk kereta cepat yang disesuaikan untuk berbagai negara,” kata Budi.

Tiket kereta cepat Jakarta Bandung gratis

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju 350 Kpj, Kapan Mulai Beroperasi
Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju 350 Kpj, Kapan Mulai Beroperasi

Seperti berita liputan dari Kompas.com melaporkan, Kamis (22 Juni 2023), Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengatakan di akun Instagram @ridwankamil bahwa pemerintah akan menggratiskan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung selama tiga bulan pertama.

“GRATIS UNTUK 3 BULAN PERTAMA, bagi masyarakat yang ingin mencoba kereta cepat Jakarta Bandung. 18 Agustus hingga Oktober. Pak @luhut.pandjaitan setuju dengan ide ini ketika disarankan saat menguji kecepatan kereta cepat ini,” tulis Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Testimoni kereta cepat Jakarta Bandung

Ridwan Kamil Testimoni kereta cepat Jakarta Bandung
Ridwan Kamil Testimoni kereta cepat Jakarta Bandung

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil mengaku mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung yang memiliki kecepatan 354 km/perjam. Perjalanan dimulai dari Stasiun Halim di Jakarta menuju Stasiun Tegalluar di Bandung dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga ikut serta dalam perjalanan kereta cepat Jakarta-Bandung. Bahkan, ia menggelar rapat di kereta dan tidak mengalami polusi suara selama perjalanan.

“”Kekedapan suara dangetaran sangat bagus. Kita bisa mengadakan rapat di dalam ruangan tanpa terganggu oleh suara keras dan itu sangat bagus. Itu merupakan lompatan teknologi,” kata Luhut mengutip informasi yang diterima Kompas.com, Kamis. Luhut mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian perluasan jalur kereta cepat Bandung menuju Surabaya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku sangat nyaman bepergian dari Jakarta ke Bandung dengan kereta cepat. “Kereta melaju dengan nyaman saat melaju kencang, tidak goyang dan terisolasi. Ini menunjukkan bahwa rel dan kereta sudah dibangun dengan baik,” katanya di situs Departemen Perhubungan.

Refrensi : Kompas.com

Back to top button