Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.
BeritaHot

Doa Menyembelih Hewan Kurban, Idul Adha Dalam Tata Caranya

Doa Menyembelih Hewan Kurban, Idul Adha (2023) - KabarAngin.com

Kabarangin.com, – Doa Menyembelih Hewan Kurban, Saat Idul Adha, dengan doa Bismillahi allahumma wallahu akbar. Allahumma hadza minka walaka, hadza ‘an (sebutkan nama orang yang berkurban)

Idul Adha identik dengan kurban. Memang, sedikit orang yang lebih mengetahui istilah Hari Raya Kurban dibandingkan Hari Raya Idul Adha. Meski sebenarnya keduanya mirip.

Berkurban dengan hewan seperti yang ditentukan oleh Syariat adalah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Hukumnya adalah Sunnah Muakkad untuk setiap Muslim yang cukup umur, berakal dan mampu melakukan ibadah jenis ini.

Pada artikel kabarangin.com merangkum dari informasi Nu.online mengenai Doa Menyembelih Hewan Kurban. Yuk simak dibawah ini:

Doa Menyembelih Hewan Kurban, Dalam Tata Caranya

Doa Menyembelih Hewan Kurban. (Foto ilustrasi: NU Doa Menyembelih Hewan Kurban. (Foto ilustrasi: NU Online/Freepik)Online/Freepik)
Doa Menyembelih Hewan Kurban. (Foto ilustrasi: NU Online/Freepik)

Mereka yang ingin menyembelih hewan kurban dianjurkan untuk berdoa. Wakil Sekretaris LBM PBNU Alhafiz Kurniawan menjelaskan dalam postingan NU Online-nya, “Doa Penyembelihan Hewan Kurban Lengkap ini,” bahwa doa ini penting untuk dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban. Doanya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Ustadz Alhafiz mengemukakan doa di atas bisa ditemui di beberapa kitab. “Antara lain di buku Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya atau Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten,” demikian Ustadz Alhafiz menjelaskan dalam tulisannya, dikutip NU Online, Rabu (28/6/2023).

Selain doa tersebut, Ustadz Alhafiz juga menuliskan bahwa terdapat beberapa doa yang dianjurkan bila hewan kurban sudah benar-benar siap disembelih. Dengan mengutip Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim, ia merinci doa yang dapat dibaca oleh penyembelih atau penjagal. Sebagaimana berikut ini secara berurutan:

1. Baca “Bismillâh”

بِسْمِ اللهِ

Artinya, “Dengan nama Allah” Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm” 

2. Baca shalawat untuk Rasulullah saw   

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali

 اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Baca doa menyembelih 

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.

Sumber : Nu.online

Back to top button